Kunjungan PT. SMI dan PSF Memantau Program Ekosistem Pendidik Profesional

Samarinda – Sebagai tindak lanjut dari program Ekosistem Pendidik Profesional, PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) bersama dengan Putera Sampoerna Foundation (PSF) melakukan kunjungan ke Kota Samarinda pada hari Rabu (28/11) yang dihadiri oleh Assistant Vice President CSR PT. Sarana Multi Infrastruktur (Persero), Hendriko Leonard Wiremmer, dan Head of Partnership Putera Sampoerna Foundation School Development Outreach, Eko Herfianto, serta Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Samarinda, Asli Nuryadin.

Kunjungan ini dilaksanakan guna memantau perkembangan program yang sedang berlangsung sekaligus memberikan pembekalan dan arahan kepada para peserta program yang dilanjutkan sesi diskusi bersama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Samarinda.

“Kami sudah masuk ranah infrastruktur, kami juga ingin berperan dalam pengembangan sumber daya manusia, yaitu peningkatan kualitas pendidikan melalui program Ekosistem Pendidik Profesional” ucap Hendriko.

Selama program berlangsung, telah dilaksanakan 7 ragam pelatihan dan pendampingan guna meningkatkan kompetensi seperti peningkatan kapasitas pedagogi hingga kegiatan survey kebutuhan pelatihan. Terdapat 30 peserta program yang merupakan pendidik dari jenjang PAUD, SD dan SMP yang nantinya menjadi Fasilitator Kota Samarinda.

Secara khusus, program ini menitikberatkan pada metode diseminasi atau pelatihan mandiri yang difasilitasi oleh para peserta. Para guru sebagai peserta pelatihan penerima program diwajibkan untuk mendiseminasikan praktik baik yang dipelajari dari program ini pada pendidik di Kota Samarinda dan sekitarnya. Dengan demikian, seluruh wilayah dapat terimbaskan dan percepatan pemerataan kualitas pendidikan di Kota Samarinda dapat terwujud.

Eko Herfianto mengatakan “kami berharap para peserta program Ekosistem Pendidik Profesional (EPP) dapat mengoptimalkan kesempatan yang ada, menyerap dengan baik materi pembelajaran yang diberikan serta belajar bersama dengan para Fasilitator sebagai bekal untuk menjadi Fasilitator Kota Samarinda yang mumpuni”.

Pelaksanaan program ini tentunya mendapatkan dukungan penuh dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Samarinda, “kami berterima kasih kepada PT. SMI dan PSF atas pelaksanaan program EPP di Kota Samarinda, program ini sangat bermanfaat dan kami siap memberdayakan EPP ini, sangat mustahil apa yang sudah diberikan tapi tidak dimanfaatkan” ucap Asli Nuryadin.

Dengan adanya program EPP diharapkan mampu mendorong percepatan pemerataan kualitas pendidikan di Kota Samarinda pada khususnya dan di Indonesia secara menyeluruh. Tentunya hal ini sebagai upaya mendukung pemerintah dalam mencerdaskan generasi muda melalui pendidikan yang berkualitas.

Bagikan ke:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *