Rangkul Guru dan Siswa, NTPD 2021 Hadirkan Webinar Tematik

Pembangunan dibidang pendidikan sampai saat ini merupakan prioritas utama dalam upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia. Salah satu komponen yang sangat menentukan suatu keberhasilan pada penyelenggaraan pendidikan adalah guru. Mengetahui pentingnya hal ini Pusat Belajar Guru (PBG) Musi Banyuasin menyelenggarkan webinar Tematik, salah satu rangkaian kegiatan dari National Teachers Professional Development (NTPD).

Kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan yang diadakan oleh PBG Musi Banyuasin dengan tujuan untuk memperkenalkan PBG Musi Banyuasin kepada lebih banyak komunitas di Musi Banyuasin dan sekitarnya.

Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan sebagai kendaraan bagi guru dan warga sekolah lainnya untuk berbagi praktik baik dan mempertajam kompetensi baik dalam pendidikan maupun bidang lainnya yang dapat mendukung guru dalam menghadirkan pembelajaran di lingkungan belajar masing-masing.

Sesi Webinar Paralel Tematik  dilaksanakan pada tanggal 20 September hingga 8 Oktober 2021 yang dibagi menjadi 6 sesi webinar. Untuk narasumber pada kegiatan ini berasal dari pegiat pendidikan serta Guru Inti dari jaringan PBG lainnya di seluruh Indonesia.

Webinar ini tidak hanya menghadirkan tema-tema yang berfokus pada guru, tapi juga pada siswa. Beberapa tema yang diangkat khusus untuk guru seperti Pembelajaran Berdiferensiasi yang Bermakna, Membangun Komunikasi Efektif dengan Generasi Z (komite/orangtua), dan beberapa tema lainnya yang mengangkat berbagai aspek pendidikan.

Tema yang dihadirkan untuk peserta webinar dari kalangan siswa pun tidak kalah menariknya seperti Manajemen Waktu dan Mengatur Kebiasaan Belajar Efektif, Menjadi Warga Digital yang Bertanggungjawab, dan beberapa topik lainnya terkait dengan pengembangan keterampilan siswa.

“Menurut saya kegiatan yang diadakan tersebut sangat menarik yaitu mengenali gaya belajar anak, mengetahui gaya belajar apa yang kita miliki serta sangat membatu para siswa mengetahui kepribadian apa yang kita miliki dan bagaimana cara mengatasinya” ungkap Resyah Ferlis Pratiwi, salah seorang siswa yang menjadi peserta webinar.

Siswa lainnya, Latifa Anissa menambahkan bahwa kegiatan ini (webinar Tematik) sangat bermanfaat dan menambah ilmu, banyak informasi yang kini baru Ia ketahui, dan berharap semoga kedepannya kegiatan seperti ini sering dilaksanakan.

Sebagai informasi, Pusat Belajar Guru (PBG) adalah organisasi pembelajaran mandiri yang sistematis dan terstruktur yang dikelola oleh guru-guru terpilih di bawah pengawasan pemerintah daerah. PBG berfungsi sebagai pusat yang mampu merencanakan, mengembangkan dan menginisiasi program-program yang dibutuhkan untuk memperkuat profesionalisme mereka dan membangun jaringan guru, sehingga menghasilkan guru yang kompeten akan mempengaruhi prestasi dan kualitas lulusan sekolah.

Dengan diadakannya kegiatan NTPD ini diharapkan mampu memberikan kesempatan kepada guru-guru di Musi Banyuasin untuk mendapatkan pengetahuan baru serta mengembangkan jejaring dalam komunitas pembelajar dari wilayah sekitar lainnya. Pengetahuan yang didapatkan dari kegiatan ini kelak dapat membantu guru-guru untuk menghadapi tantangan pendidikan serta meningkatkan kompetensi demi terciptanya lulusan Musi Banyuasin yang Tangguh.

“Keterbatasan tidak menjadi penghalang para guru-guru untuk meningkatkan kualitas diri demi pelayanan pendidikan yang lebih baik. Kendala jaringan, perangkat, waktu, bahkan fasilitas listrik pun sering kurang memadai. Memang, perjuangan guru luar biasa dan dari keterbatasan inilah kreativitas guru akan terus bertumbuh dalam melayani siswa” tutup I Gusti Agung Wisnu Wibowo, salah satu narasumber di webinar Tematik.

Bagikan ke:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *