Mendorong Percepatan Pemulihan Sektor Pariwisata

Putera Sampoerna Foundation berkesempatan untuk berdiskusi dengan Gubernur Provinsi Bali, I Wayan Koster, MM., di Kantor Gubernur Provinsi Bali. Audiensi ini dihadiri oleh Senior Director Putera Sampoerna Foundation, Elan Merdy, Juliana, Head of Development and Program Putera Sampoerna Foundation, Ida Bagus Gede Werdhi Putra, Head of Fundraising Putera Sampoerna Foundation serta jajaran Pemerintah Provinsi Bali.

Kualitas pendidikan merupakan hal penting karena sangat menentukan gerak laju pembangunan disuatu wilayah. Oleh karena itu, hampir diseluruh belahan dunia senantiasa berusaha untuk meningkatkan kualitas pendidikan sebagai upaya peningkatan kualitas hidup masyarakat. Salah satu komponen utama yang menentukan keberhasilan pendidikan adalah guru.

Peran guru sangat menentukan keberhasilan belajar peserta didik, dimana keberhasilan guru dalam melaksanakan proses pembelajaran ditentukan oleh kompetensi yang dimiliki guru dan kemampuan yang dimiliki peserta didik.

Tentunya hal ini tidak luput dari usaha berbagai pihak dalam mewujudkannya, yang termasuk didalamnya  swasta, pemerintah, dan masyarakat. Elan Merdy menyampaikan bahwa “melalui kerja bersama, kita semua dapat mempercepat pemerataan kompetensi guru SMA dan SMK di Bali”

“Hal ini selaras dengan apa yang menjadi visi misi provinsi Bali yang termaktub dalam program prioritas provinsi Bali “Nangun Sat Kerthi Bali” yang memiliki arti “Mewujudkan Bali Era Baru” ujar I Wayan Koster. Melalui pendidikan vokasi, I Wayan Koster berharap dapat mendorong percepatan pemulihan sektor pariwisata di Bali yang terkena dampak besar pandemic Covid-19, dimana sektor pariwisata merupakan sektor yang potensial untuk dikembangkan dan berperan dalam menggerakkan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

Pada diskusi ini, Putera Sampoerna Foundation juga berkesempatan memaparkan program Teacher Learning Center (TLC) yang merupakan organisasi pembelajaran mandiri yang sistematis dan terstruktur yang dikelola oleh guru-guru terpilih di bawah pengawasan pemerintah daerah.

TLC akan berfungsi sebagai center yang mampu merencanakan, mengembangkan dan menginisiasi program-program yang dibutuhkan serta memungkinkan guru untuk memiliki pengembangan profesional yang berkualitas.

Melalui TLC guru-guru mendapatkan kesempatan untuk memperkuat profesionalisme mereka dan membangun jaringan guru dalam upaya menghasilkan guru yang kompeten untuk menciptakan lulusan sekolah yang tangguh. Program ini merupakan bentuk kelanjutan dari pembinaan sekolah dan guru melalui Lighthouse School Program yang sudah lebih dulu diimplementasi di Kintamani dan Singaraja.

Bagikan ke:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *