Diseminasi Tahun Pertama, Haris: Wujudkan Good School Governance dimulai dari SMPN 1 Tompobulu.  Admin/ZNP

Sebagai upaya untuk mengimbaskan ilmu dan pengetahuan yang telah diperoleh melalui Lighthouse School Program kepada tim manajemen sekolah dan guru-guru di Kabupaten Bantaeng, SMPN 1 Tompobulu menyelenggarakan Pelatihan Pemodelan Kelas Diseminasi yang dilaksanakan pada tanggal 26-31 Juli 2021. Kegiatan ini dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadisdikbud) Kabupaten Bantaeng, Muhammad Haris.

Diseminasi yang dilakukan secara daring oleh SMPN 1 Tompobulu mengangkat tema “Berbagi Praktik Baik untuk Meningkatkan Kualitas Sekolah di Kabupaten Bantaeng” yang disambut baik oleh para partisipan acara yakni para guru dan tim manajemen berbagai sekolah di Kabupaten Bantaeng.

“Sebagai seorang yang berada di dunia pendidikan, kita harus terus menggali dan memperbaiki berbagai hal agar dapat mewujudkan Good School Governance yang dimulai dengan LSP di SMPN 1 Tompubulu” ucap Muhammad Haris, Kadisdikbud Kabupaten Bantaeng pada pembukaan diseminasi SMPN 1 Tompobulu (26/07).

Selaras dengan ucapan Haris, tentunya perlahan SMPN 1 Tompubulu melakukan banyak perubahan baik dari sisi manajemen maupun pembelajaran dengan beragam pelatihan dan pendampingan khusus dari LSP untuk mendapatkan pemahaman dan meningkatkan keterampilan para pendidik.

Perubahan yang terjadi dari sisi manajemen yaitu terdapat beberapa penguatan yang telah dilakukan adalah pengembangan program sekolah, pendampingan penyusunan kebijakan sekolah, serta pengembangan buku panduan guru dan staf.

Lalu dari sisi pembelajaran, guru mata pelajaran dibekali paradigma pembelajaran abad 21 melalui pendekatan saintifik, penguatan graphic organizer, memanfaatkan beragam media pembelajaran yang dapat diadaptasi menjadi kebiasaan baru terutama di masa pandemi seperti ini hingga pemahaman dan teknis pelaksanaan Asesmen Nasional.

“Terima kasih kepada Putera Sampoerna Foundation melalui Lighthouse School Program yang terus meningkatkan mutu pendidikan di Kabupaten Bantaeng. Saya sangat berharap bahwa kegiatan ini memberikan dampak baik kepada para peserta yang hadir” ujar Haris.

Pada tahun 2020, Putera Sampoerna Foundation bermitra dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bantaeng memilih SMPN 1 Tompobulu untuk mengimplementasikan Lighthouse School Program.

Lighthouse School Program (LSP) merupakan program yang ditujukan untuk meningkatkan kualitas sekolah secara intensif melalui pendekatan komprehensif dan kolaboratif untuk mweujudkan sistem manajemen yang akuntabel. Program ini juga mencakup beragam kegiatan pengembangan professional guru, kualitas manajemen sekolah, kapasitas siswam dan pemberdayaan komunitas sekolah di Kabupaten Bantaeng.(ZNP)

Berita Lainnya

SMAN 1 Kintamani Libatkan Seluruh Pemang..

by: ADMIN/GAG/ZNP

Pendidikan adalah hal yang penting untuk kemajuan suatu bangsa, melalui pendi..

BACA    
Mengajar untuk PAUD Secara Daring, Devi ..

by: Admin/ZNP

Pandemi Covid-19 yang telah hadir sejak tahun 2020 yang membuat pembelajaran ..

BACA    
Penandatanganan Perjanjian Kerjasama Kab..

by: Admin/GAG

Pemerintah Kabupaten Asahan menandatangani kerjasama dengan Putera Sampoerna ..

BACA    
Tri Widyaswari, Seorang Guru yang Menerj..

by: Admin/ZNP

Peribahasa “Pahlawan Tanpa Tanda Jasa” selalu melekat pada diri seorang g..

BACA    

  L'Avenue Building,
    Jl. Raya Pasar Minggu Kav. 16, Pancoran,
    Kota Jakarta Selatan,
    Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12780

  info.psfoutreach@sampoernaschoolssystem.com

  (021) 5022-2234

HUBUNGI KAMI

Contact Us

CAPTCHA
Pertanyaan ini untuk menguji apakah Anda adalah pengunjung manusia dan untuk mencegah pengiriman spam otomatis.
7 + 2 =
Pecahkan soal matematika sederhana berikut. Cth. untuk 1+3, masukkan 4.