Berbagi Praktik Baik bersama Para Pendidik dari Musi Banyuasin  Admin/ZNP


National Teachers Professional Development (NTPD) Webinar Series merupakan rangkaian kegiatan kulminasi tahun ke 3 dari Pusat Belajar Guru Musi Banyuasin dan Lighthouse School Program : Sekolah Berbasis Riset sekaligus memperingati Hari Guru Nasional dan HUT PGRI ke-75. Kegiatan yang dilaksanakan pada 30 November hingga 2 Desember 2020 ini difasilitasi oleh narasumber dari PBG Musi Banyuasin dan para pendidik SMPN 6 Sekayu yang akan berbagi pengalaman dan praktik baiknya

PBG Musi Banyuasin dan LSP : Sekolah Berbasis Riset merupakan program inisiatif dari Putera Sampoerna Foundation-School Development Outreach (PSF-SDO) yang bermitra dengan Pemkab Musi Banyuasin untuk pengembangan kualitas guru dan pendidikan khususnya di Musi Banyuasin.

 

Gusman Yahya selaku Head of PSF SDO mengatakan bahwa “PSF SDO sejak 2017 bersama Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin telah aktif melakukan program pengembangan pendidikan di Musi Banyasin dengan inisiatif program PBG dan LSP yang secara konsisten telah mengembangkan pendidikan baik secara regional atau nasional.”

“Pada prinsipnya bahwa kabupaten Musi Banyuasin sangat concern untuk membangun dunia pendidikan. Situasi saat ini adalah momen untuk memberikan layanan terbaik kepada siswanya” tambah Drs. H. M. Yusuf saat memberikan kata sambutan pada pembukaan Webinar NTPD (30/11).

 

Pusat Belajar Guru Musi Banyuasin

Dimulai dari tahun 2018, PBG Musi Banyuasin kini sudah memasuki tahun terakhir program. Selama perjalanannya, para Guru Inti PBG Musi Banyuasin telah mengikuti rangkaian program pelatihan dan pendampingan oleh fasilitator dari PSF-SDO baik secara luring maupun daring dengan topik pelatihan yang disesuaikan dengan kebutuhan para pendidik di Musi Banyuasin.

Pada tahun terakhir ini yaitu tahun 2020, PBG Musi Banyuasin memiliki beberapa pencapaian diantaranya terdapat 2 karya tulis yang ditulis oleh Guru Inti yang lolos pada seleksi TEFLIN 2020 di Universitas Pembangunan Nasional (UPN) dan lolos pada seleksi Narasumber Seminar Nasional di Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta. Selain itu, pada tahun ini juga telah bergabung 12 Guru Inti baru yang siap menjadi role model kepada pendidik lainnya.

Kini, PBG Musi Banyuasin kini memiliki 30 Guru Inti yang akan berbagi praktik baik kepada lebih dari 500 guru Musi Banyuasin maupun luar Musi Banyuasin dengan melakukan diseminasi luring dan daring.

 

Lighthouse School Program : Sekolah Berbasis Riset

LSP : Sekolah Berbasis Riset adalah program pengembangan sekolah model berbasis riset yang akan menjadi contoh bagi sekolah lain, dimana program ini sedang diimplementasi oleh SMPN 6 Sekayu.

Pada tahun 2020, SMPN 6 Sekayu sudah membentuk dewan riset sekolah yang siap mengembangkan potensi siswa dalam melakukan penelitian ilmiah. Tema-tema penelitian berkaitan dengan program pendidikan di sekolah seperti permasalahan pengembangan belajar, penentuan kebijakan mutu, motivasi belajar siswa, dan lainnya.

Kini sudah terdapat 6 draft karya tulis ilmiah siswa dan 2 diantaranya sudah dikirimkan ke LIPI untuk KIR 2020, namun karena Covid-19 maka tahap seleksi ini ditunda.

Selain siswa, guru dan manajemen sekolah telah berhasil mengembangkan soft skill dengan menjadi narasumber di berbagai webinar yang berdampak baik pada lebih dari 1000 partisipan acara dari Musi Banyuasin maupun luar Musi Banyuasin.

 

“ LSP : Sekolah Berbasis Riset dan PBG Musi Banyuasin adalah usaha untuk mewujudkan proses pembelajaran guru terutama di Musi Banyuasin. Tidak ada pembelajaran yang authentic selain dari guru-guru itu sendiri, maka ungkapan dari guru, oleh guru, untuk guru perlu diwujudkan bersama” ucap Gusman (30/11/2020).

Dengan PBG dan LSP : Sekolah Berbasis Riset di Musi Banyuasin sebagai komunitas pembelajaran berkelanjutan yang akan menjadi wadah untuk guru dan pendidik di Musi Banyuasin sehingga mereka dapat mengembangkan kualitas dan kompetensi diri dengan baik dan efektif sehingga memenuhi standar nasional. Maka guru dan pendidik dapat memberikan kontribusi yang berkesinambungan tidak hanya bagi peningkatan prestasi belajar siswa namun juga menjadi teladan yang aktif, kreatif, dan inovatif. (ZNP)

Berita Lainnya

PBG Karawang Memasuki tahun ke-3 : Dari ..

by: Admin

Pemerintah Kabupaten Karawang bermitra dengan Sampoerna Untuk Indonesia (SUI)..

BACA    
Mengasah Kemampuan dan Kreativitas Guru ..

by: Admin

Serangkaian kegiatan Kulminasi yang diselenggarakan oleh PBG Karawang pada ta..

BACA    
Ekosistem Sekolah Literat, Program Penin..

by: Admin

Putera Sampoern Foundation (PSF) Bersama Room to Read yang didukung oleh Keme..

BACA    
Komunitas Literat, Wujud Kolaborasi Room..

by: Admin

Komitmen Room to Read/ProVisi Education untuk meningkatkan literasi anak Indo..

BACA    

Berinteraksi dengan Kami

Punya Banyak Pertanyaan?