Generasi Muda Siap Hadapi Tantangan Industri Era 4.0 Melalui Seminar Karir dan Pendidikan  Admin/ZNP


Karawang merupakan kota yang menjadi induk industri terbesar di Indonesia. Banyak perusahaan Indonesia maupun asing mendirikan istana industri di Karawang. Hal ini memberikan dampak positif bagi masyarakat Karawang, dimana banyak lapangan pekerjaan yang tersedia untuk warga setempat.

Namun faktanya sebagian besar karyawan pada perusahan-perusahaan tersebut bukanlah dari warga Karawang. Hal ini disinyalir terdapat jarak yang cukup signifikan antara kriteria pegawai yang ditentukan oleh perusahaan dengan calon tenaga kerja warga Karawang.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, PBG Karawang bersama Putera Sampoerna Foundation (PSF) mengadakan Seminar Karir dan Pendidikan dengan tema “Generasi Muda Siap Hadapi Tantangan Industri Era 4.0” yang dilaksanakan pada 16 sampai 21 November 2020. Seminar ini merupakan bagian dari serangkaian pekan webinar yang diselenggarakan untuk siswa-siswi Karawang khususnya pada jenjang SMA dan SMK yang bertujuan untuk mempersiapkan generasi muda dalam memasuki dunia kerja.

Banyak aspek yang perlu disiapkan dalam menghadapi dunia kerja, dari mulai kesiapan mental dan emosional, kemampuan profesional, dan hal adminstratif. Hal ini menjadi serangkaian topik yang dibahas pada pekan webinar yang dibawakan oleh narasumber dari berbagai IInstitusi yang membagikan pengalaman dan cerita inspiratifnya.

Disamping aspek-aspek tersebut diatas, jenjang pendidikan juga perlu diperhatikan untuk menunjang karir para generasi muda Karawang dalam menghadapi revolusi industri 4.0. “Revolusi industri 4.0 adalah dengan hadirnya internet dan serba dunia siber. Maka harus bisa memanfaatkan revolusi 4.0 ini dengan belajar agar di masa depan fungsi manusia tidak tergerus teknologi” ujar Ujang Purnama, mahasiswa S-3 University of Oxford yang menjadi salah satu narasumber Seminar Karir dan Pendidikan (17/11/2020).

Andria Charles, seorang psikolog yang menjadi narasumber Seminar Karir dan Pendidikan  juga menjelaskan jika setelah siap dengan segala hal tentang dunia kerja dan pendidikan, hal penting lain yang perlu disiapkan adalah kelola diri agar generasi muda lebih matang untuk terjun ke dunia kerja.

“Saat sedang kelola diri, hati-hati dengan mindset kita, karena apa yang kita yakini itulah yang akan terjadi, maka tanamkan hal-hal positif dan ubah cara pandang terhadap suatu masalah. Lalu kemampuan yang kita miliki bisa gagal karena emosi yang berlebihan. Namun tetap berusaha, cukup usaha dari hal kecil saja, seiring berjalannya waktu hal kecil ini akan menjadi besar” pesan Andria (19/11/2020).

Rangkaian webinar yang dibawakan secara sederhana, ringan dan mudah dipahami ini diharapkan dapat menginspirasi generasi muda untuk langsung mempraktekkan setiap ilmu yang didapatkan dalam mempersiapkan diri untuk terjun ke dunia kerja maupun melanjutkan ke jenjang pendidikan selanjutnya. (ZNP)

Berita Lainnya

PBG Karawang Memasuki tahun ke-3 : Dari ..

by: Admin

Pemerintah Kabupaten Karawang bermitra dengan Sampoerna Untuk Indonesia (SUI)..

BACA    
Mengasah Kemampuan dan Kreativitas Guru ..

by: Admin

Serangkaian kegiatan Kulminasi yang diselenggarakan oleh PBG Karawang pada ta..

BACA    
Ekosistem Sekolah Literat, Program Penin..

by: Admin

Putera Sampoern Foundation (PSF) Bersama Room to Read yang didukung oleh Keme..

BACA    
Komunitas Literat, Wujud Kolaborasi Room..

by: Admin

Komitmen Room to Read/ProVisi Education untuk meningkatkan literasi anak Indo..

BACA    

Berinteraksi dengan Kami

Punya Banyak Pertanyaan?