Leadership Camp, Melatih Siswa Tentang Budaya dan Nilai Kepemimpinan  Admin/ZNP


Salah satu rangkaian kegiatan Lighthouse School Program (LSP) yang diimplementasi oleh SMPN 1 Tompobulu yakni Leadership Camp telah usai dilaksanakan. Kegiatan ini mengusung tema  “Kepemimpinan dalam Budayaku: Panritana Butta Toa. Kegiatan yang dilaksanakan pada 5,6,9, dan 10 November 2020 bertujuan untuk mengenalkan dan menanamkan nilai-nilai kepemimpinan yang berbasis budaya lokal kepada generasi muda terutama para peserta didik melalui praktik hasil budaya.

 

“Kolaborasi yang baik dengan bersinergi untuk melestarikan budaya sendiri dengan menghasilkan karya yang baik” ujar Labbiri Malino, budayawan asal Gowa dan salah satu tim juri lomba.

Rangkaian kegiatan tersebut diisi dengan lomba-lomba yang mengangkat tema budaya lokal yaitu Liputan Situs Budaya Gantarangkeke, kuliner khas Kaloli, permainan tradisonal Asing-Asing, acara adat perkawinan A’Burangga, musikalisasi puisi Makassar, dan Tari Paddupa Bosara. Nilai-nilai kepemimpinan tentunya terkandung pada setiap budaya lokal yang dijadikan tema tersebut.

 

“Adapun nilai-nilai kepemimpinan yang terkandung di dalam karya sastra maupun budaya lokal antara lain nilai keteguhan, nilai kecendekiaan, nilai kejujuran, nilai kepatutan, dan lain-lainnya. Nilai-nilai tersebut terinspirasi dan selalu berkaitan dengan konsep nilai siri na pacce yang merupakan ciri khas nilai budaya masyarakat Bugis dan Makassar” ungkap Labbiri.

 

Meskipun dilakukan secara daring, peserta lomba yang merupakan siswa dari SMPN 1 Tompobulu sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut. Hal ini terlihat dari keseriusan para siswa saat berlatih beberapa budaya yang akan dilombakan, lalu terdapat kelompok siswa yang melakukan liputan ke situs budaya lokal.

 

“Mari kita sama-sama menyemangati kegiatan ini, apalagi adat dari kita sendiri. Jangan lupakan budaya sendiri dan mari kita lestarikan budaya ini” ucap Karsono, Kepala Sekolah SMPN 1 Tompobulu.

Rangkaian kegiatan Leadership Camp diakhiri dengan pengumuman karya terbaik, dan karya terbaik adalah milik tim Tim Puisi Balla Lompoa ri Butta Toa Bantaeng, lalu tim Permainan tradisional Asing-Asing, dan tim dari Liputan Situs Budaya Ganratang Keke.

“Selamat kepada tiga tim terbaik dari SMPN 1 Tompobulu, apapun itu baik menang atau kalah harus tetap menjadi motivasi”. Tutup Jani, fasilitator PSF-SDO.

Berita Lainnya

Berbagi Praktik Baik bersama Para Pendid..

by: Admin/ZNP

National Teachers Professional Development (NTPD) Webinar Series merupakan ra..

BACA    
Generasi Muda Siap Hadapi Tantangan Indu..

by: Admin/ZNP

Karawang merupakan kota yang menjadi induk industri terbesar di Indonesia. Ba..

BACA    
Roadshow Webinar Diseminasi LSP SMPN 6 S..

by: Admin

Roadshow Webinar Diseminasi Lighthouse School Program (LSP) SMPN 6 Sekayu, Mu..

BACA    
Learning Management System, Kelas Menjad..

by: Admin

Diseminasi Online Pusat Belajar Guru (PBG) Musi Banyuasin telah usai dilaksan..

BACA    

Berinteraksi dengan Kami

Punya Banyak Pertanyaan?