Roadshow Webinar Diseminasi LSP SMPN 6 Sekayu, Membahas Platform Digital untuk Pembelajaran Daring  Admin/ZNP

Roadshow Webinar Diseminasi Lighthouse School Program (LSP) SMPN 6 Sekayu, Musi Banyuasin telah usai dilaksanakan pada Senin (02/11/2020). Roadshow Webinar Online dibagi menjadi dua sesi, yaitu sesi pagi dan sesi siang yang pada setiap sesinya dibagi menjadi tiga kelas dan setiap kelas didampingi oleh fasilitator Putera Sampoerna Foundation School Development Outreach (PSF-SDO) dan guru SMPN 6 Sekayu.

Webinar Diseminasi ini membahas mengenai pemanfaatan media pembelajaran interaktif, tidak hanya sebagai alat untuk membantu guru dalam menyampaikan materi pembelajaran, namun juga sebagai alat evaluasi dan refleksi kegiatan belajar mengajar.

Sesi webinar diawali dengan pembahasan pembuatan materi pembelajaran menggunakan video. Materi ini dibawakan oleh oleh Fery Apriady (fasilitator PSF-SDO), Oktita Indah Pratiwi, dan Anggi Angraeny (Guru SMPN 6 Sekayu). Webinar tersebut membahas mengenai cara-cara untuk membuat video pembelajaran dan penggunaan aplikasi pengeditan  video yang memudahkan pendidik membuat video pembelajaran sehingga pembelajaran secara daring lebih menarik. Selanjutnya sesi webinar dilanjutkan dengan pembahasan seputar Google Jamboard sebagai papan tulis digital. Pada sesi ini dipandu oleh Daenuri Suhendar (fasilitator PSF-SDO) bersama Barkun Iskandar dan Mastanti Enda Lestari (Guru SMPN 6 Sekayu)

Pada roadshow webinar ini disseminator mengembangkan pokok pembahasan pemanfaatan media pembelajaran interaktif sebagai alat yang dapat digunakan untuk refleksi dan evaluasi pada pembelajaran daring dengan menggunakan media interatif seperti Padlet dan Mentimenter yang dibawakan oleh Agus Sampurno (fasilitator PSF-SDO), Pipin Ariestaningsih dan RA Ambar Sari Putnowaty (guru SMPN 6 Sekayu). Pentingnya melakukan refleksi agar guru bijaksana dalam mengatasi permasalahan pembelajaran sehingga dapat mengambil strategi untuk perbaikan sehingga siswa dapat menilai proses pembelajaran tersebut. Sama hal nya dengan refleksi, evaluasi pembelajaran juga dapat dilakukan dengan memanfaatkan aplikasi Google Form, Microsoft Form, Kahoot, dan Quizziz.

Selain tiga tema tersebut, terdapat juga tema pembahasan mengenai beragam penggunaan padlet. Tema ini dibahas dalam dua kelas terpisah yang juga dipandu oleh fasilitator PSF SDO bersama dengan guru – guru SMPN 6 Sekayu dengan judul kelas “Interaktif dan Kreatif bersama Padlet” oleh Anita Wulur yaitu fasilitator PSF-SDO, Tri Endah Rini Ratna Sari dan Azrullah dari guru SMPN 6 Sekayu dan “Berkreasi bersama Padlet dalam Pembelajaran Jarak Jauh” oleh Rizqi Khiorunnisa sebagai fasilitator PSF-SDO, Noepri Dikawati dan Rani Julita sebagai guru SMPN 6 Sekayu.

Dalam roadshow webinar ini juga membahas mengenai “Pengembangan RPP Satu Lembar” yang dibawakan secara sistematis oleh para disseminator (Jani Sinulingga sebagai fasilitator PSF-SDO, Suprayitno dan Wilda Agustina guru SMPN 6 Sekayu), dimulai dengan pemahasan mengenai tujuan pembelajaran hingga metode penilaian yang dapat digunakan dalam PJJ. (ZNP)

Berita Lainnya

Tri Widyaswari, Seorang Guru yang Menerj..

by: Admin/ZNP

Peribahasa “Pahlawan Tanpa Tanda Jasa” selalu melekat pada diri seorang g..

BACA    
Diseminasi Tahun Pertama, Haris: Wujudka..

by: Admin/ZNP

Sebagai upaya untuk mengimbaskan ilmu dan pengetahuan yang telah diperoleh me..

BACA    
Penandatanganan Perjanjian Kerjasama Pro..

by: Admin/ZNP/GAG

Bertepatan dengan peringatan Hari Pendidikan Nasional, Dinas Pendidikan dan K..

BACA    
Penandatanganan MoU Kerja Sama Provinsi ..

by: Admin/GAG

Minggu, 2 April 2021, telah dilaksanakan penandatanganan Not..

BACA    

  L'Avenue Building,
    Jl. Raya Pasar Minggu Kav. 16, Pancoran,
    Kota Jakarta Selatan,
    Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12780

  info.psfoutreach@sampoernaschoolssystem.com

  (021) 5022-2234

HUBUNGI KAMI

Contact Us

CAPTCHA
Pertanyaan ini untuk menguji apakah Anda adalah pengunjung manusia dan untuk mencegah pengiriman spam otomatis.
5 + 5 =
Pecahkan soal matematika sederhana berikut. Cth. untuk 1+3, masukkan 4.