Serah Terima Pengem bangan Pusat Belajar Guru di Kabupaten Gowa  Admin


Komitmen Pemerintah Kabupaten Gowa sebagai Kabupaten Pendidikan di Sulawesi Selatan, Bupati Adnan Purichta Ichsan melakukan berbagai program untuk mewujudkan hal tersebut. Salah satunya dengan menjalin kemitraan dengan Putera Sampoerna Foundation-school development outreach untuk meningkatkan Kualitas Pendidikan dengan mengembangkan Pusat Belajar Guru. Hari ini Kamis 12 Desember 2019, bertempat di Baruga Tinggimae Komplek Rumah Jabatan Bupati Gowa melakukan Serah Terima Berkelanjutan Pengembangan Pusat Belajar Guru yang sudah berjalan dari tahun 2017. Kegiatan ini dihadiri oleh Bupati Gowa, Bapak Adnan Purichta Ichsan S,H, M.H , Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Gowa Bapak Dr.Salam, M.Pd, serta Senior Director Putera Sampoerna Foundation Bapak Elan Merdy , Program ini mendapat dukungan dan peran serta aktif dari Pemerintah Kabupaten Gowa, serta Dinas Pendidikan kabupaten Gowa, selaku pemangku kepentingan.

“Dengan didirikannya Program Pusat Belajar Guru (PBG) bertujuan sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas para guru di Kabupaten Gowa dengan menyediakan akses pengembangan keprofesian guru secara berkelanjutan dan terjangkau dari segi waktu, jarak dan waktu”, ucap Bupati Gowa, Bapak Adnan Purichta Ichsan, S.H, M.H

Program “Pengembangan Pusat Belajar Guru di Kabupaten Gowa”, ditujukan untuk memberikan manfaat kepada seluruh guru pada jenjang PAUD/TK, SD dan SMP, yang berada dalam wilayah kabupaten Gowa, Salah satu bagian penting dari program PBG ini, Putera Sampoerna Foundation School Development Outreach bersama-sama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Gowa telah memilih guru-guru yang potensial di Kabupaten Gowa untuk menjadi Guru inti dan pengelola PBG. Para Guru Inti tersebut kami bekali dengan pengetahuan dan keterampilan untuk menganalisa kebutuhan pengembangan guru, merancang modul pelatihan dan kemampuan menjadi narasumber yang efektif . Disaat bersamaan Pengelola PBG juga telah kami perkuat dengan kemampuan managemen dasar organisasi, kemampuan menyusun program yang tepat sasaran , melaksanakan program dan mengevaluasi program agar dapat melayani kebutuhan guru di kabupaten Gowa.

Selama rentang waktu tiga tahun program berjalan, Pusat Belajar Guru Gowa dengan jumlah total sebanyak 61 pelatihan telah memiliki 41 Guru yang terdiri dari 10 Pengelola PBG dan 31 Guru inti dan mampu mengimbaskan kepada 300 Guru di Malino, 270 Guru di Manuju dan 

100 Guru di sekitar Gowa dan 3 event yang diselenggarakan oleh PBG secara mandiri dengan mengundang 700 Guru. Dengan demikian total secara keseluruhan adalah sebanyak kurang lebih 2.133 guru yang menerima manfaat dari program ini di Kabupaten Gowa.

Selain itu prestasi yang telah dicapai dari program ini adalah Para Guru Inti dan Pengelola dari beberapa Guru Inti terseleksi menjadi guru berprestasi, menjadi guru inti PKP (Peningkatan Kompetensi Pembelajaran) dan serta menjadi narasumber dibeberapa kegiatan yang berada di Gowa.

Pusat Belajar Guru, merupakan program unggulan yang dirancang oleh Putera Sampoerna Foundation School Development Outreach untuk menjawab tantangan dalam dunia pendidikan Indonesia. Kesenjangan yang timbul antara pendidikan di kota besar dan daerah maupun Kabupaten, mendorong kami untuk membuat sebuah program berkelanjutan yang ditujukan pada peningkatan kompetensi guru dan kualitas pendidikan di sekolah,” kata Elan Merdy, Senior Director Putera Sampoerna Foundation, Para guru juga diharapkan dapat terus membagikan pengalaman belajar dan mengajar mereka kepada guru lainnya sehingga akan mempercepat proses peningkatan kualitas pendidikan di Gowa,”

Selain kegiatan seremonial Serah Terima Berkelanjutan, terdapat juga kegiatan pelatihan guru pada “ Gebyar Pendidikan Gowa” yang akan dilakukan pada tanggal 19 Desember 2019 dengan membuka 10 kelas dengan jumlah peserta 300 guru.

Berita Lainnya

Wujudukan Merdeka Belajar, 382 Guru Meng..

by: Admin

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa, kembali melanjutkan program pengembangan pus..

BACA    
Arus Teknologi Semakin Deras, Anak Usia ..

by: Admin

Dalam menyambut Hari Anak Nasional yang jatuh pada 23 Juli mendatang, 700 lebih ..

BACA    
KAMPANYE CUCI TANGAN DAN SEMINAR ORANG T..

by: Admin

Landak, 1 November 2019 – Program “ Menuju Sekolah Sehat” yang merupakan i..

BACA    
Kulminasi Tahun Pertama di Pesisir Selat..

by: Admin

Sebagai bentuk komitmen Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan dalam memajukan ..

BACA    

Berinteraksi dengan Kami

Punya Banyak Pertanyaan?