Dua Siswa SMPN 6 Unggul Sekayu Berhasil Menjadi Finalis Dalam Lomba The Southeast Asian Mathematical Olympiad (SEAMO)  


 

Fokus terhadap dunia pendidikan yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) tergambar jelas, mana kala prestasi membanggakan kembali diraih pelajar Kabupaten Muba.

Kali ini, di ajang tingkat internasional yakni South East Asian Mathematical Olympiad (SEAMO) atau olimpiade matematika yang berhasil dimenangkan oleh dua pelajar asal SMP Negeri 6 Unggul Sekayu, yakni oleh Izami Eurico Bermanah dan Imam Addarul Quthni.

Babak penyisihan SEAMO telah dilaksanakan pada tgl 27 September 2019 di Palembang. Final SEAMO akan diadakan di Gold Coast, Australia, pada bulan Januari 2020 mendatang.
Izami Eurico Bermanah adalah siswa kelas VII yang berprestasi. Anak pertama dari tiga bersaudara ini mempunyai motto hidup "Berusahalah Sehingga Orang Lain Ingin Menjadi Sepertimu". Sama halnya dengan Imam Addarul Quthni, kelas IX yang sangat menyukai mata pelajaran Matematika bahkan beberapa kali meraih juara di berbagai perlombaan. Imam mempunyai motto "Usaha yang Besar akan Menghasilkan Hasil yang Maksimal". Semoga Imam dan Izami membawa gelar juara pada SEAMO Januari 2020 mendatang.

Prestasi membanggakan kembali diraih pelajar Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), kali ini di ajang tingkat internasional yakni South East Asian Mathematical Olympiad (SEAMO) atau olimpiade matematika yang berhasil dimenangkan oleh dua pelajar asal SMP Negeri 6 Unggul Sekayu diantaranya Izami Eurico Bermanah dan Imam Addarul Quthni.

Diketahui, pada ajang tersebut diikuti ribuan peserta dari 18 negara di Asia pada 27 Septembber lalu, silabus SEAMO sendiri dikembangkan berdasarkan Kurikulum Olimpiade Matematika Singapura dan 40 persen materinya telah dimodifikasi untuk memenuhi standar internasional.

“Alhamdulillah Izami berkompetisi dalam kategori Paper D untuk kelas 7 dan 8, sedangkan Imam masuk dalam kategori Paper E untuk kelas 9 dan 10 dan kami berhasil meraih medali perunggu,” ungkap keduanya.

Keduanya menyebutkan, setelah berhasil melewati tahapan tersebut mereka masuk dalam kualifikasi untuk mengikuti Final Olimpiade SEAMO X pada Januari tahun 2020 mendatang di Gold Coast, Australia.

“Ke depan kami akan lebih giat lagi berlatih untuk persiapan mengikuti fimal olimpiase Seamo X di Australia nantinya,” bebernya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Muba, Musni Wijaya mengatakan soal-soal dalam SEAMO menuntut peserta untuk berpikir kritis dan mendalam dalam menyelesaikan permasalahan Matematika yang diajukan.

“Sejak awal tahun 2019 ini, SMPN 6 Unggul Sekayu ditetapkan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Musi Banyuasin sebagai sekolah yang mengikuti Program Pengembangan Sekolah bernama Lighthouse School Program (LSP) yang sebelumnya telah diadakan di 4 sekolah lainnya di Babat Toman dan Sungai Lilin,” terangya.

Lanjut Musni, sebagai sekolah yang baru mengikuti rangkaian kegiatan LSP, SMPN 6 Unggul Sekayu diharapkan dapat terus mencetak prestasi baik dalam kompetisi nasional maupun internasional.

“Program LSP ini juga merupakan inisiasi pak Bupati Muba Dodi Reza yang berharap dan terus gencar mencetak generasi pelajar Muba yang unggul, berprestasi, dan mampu bersaing di level nasional maupun internasional,” ulasnya.

Bupati Muba Dodi Reza mengucapkan selamat kepada Izami Eurico Bermanah dan Imam Addarul Quthni yang telah berhasil meraih juara olimpiade matematika tingkat internasional.

“Pertahankan prestasinya dan ke depan lebih memaksimalkan lagi persiapan untuk mengikuti ajang Seamo X pada 2020 nanti di Australia,” ucap Dodi.

Dodi juga mengajak, peserta didik lainnya di Muba untuk aktif mengikuti kompetisi akademik dan non akademik baik di tingkat nasional maupun internasional.

“Prinsipnya Pemkab Muba akan mendukung dan memfasilitasi, ini juga guna mengasah kemampuan peserta didik itu sendiri,”

Berita Lainnya

KAMPANYE CUCI TANGAN DAN SEMINAR ORANG T..

by: Admin

Landak, 1 November 2019 – Program “ Menuju Sekolah Sehat” yang merupaka..

BACA    
Kulminasi Tahun Pertama di Pesisir Selat..

by:

Sebagai bentuk komitmen Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan dalam memajukan ..

BACA    
1.500 Guru Ikut Festival Diseminasi, Mub..

by: Admin

Sedikitnya 1.500 guru ikut Festival Diseminasi yang digelar atas kerja sama P..

BACA    
LP Ma'arif NU Jalin Kerjasama dengan PSF..

by: Admin

 

Kerjasama antara LP Ma'arif NU denganPSF-SDO dalam membentuk..

BACA    

Berinteraksi dengan Kami

Punya Banyak Pertanyaan?