48 peserta didik dan 6 guru di SMPN 4 Sutera ikuti pelatihan Video Blogging  Admin


Pesisir Selatan, 06 Mei 2019 – Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan berkolaborasi dengan Putera Sampoerna Foundation (PSF) melalui Sampoerna University (SU) mengembangkan Lighthouse School Program (LSP) di SMPN 4 Sutera. Pada tanggal 29 April – 4 Mei 2019 sebanyak 48 peserta didik dan 6 guru di SMPN 4 Sutera mengikuti pelatihan Video Blogging.

Pesisir Selatan, 06 Mei 2019 – Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan berkolaborasi dengan Putera Sampoerna Foundation (PSF) melalui Sampoerna University (SU) mengembangkan Lighthouse School Program (LSP) di SMPN 4 Sutera. Pada tanggal 29 April – 4 Mei 2019 sebanyak 48 peserta didik dan 6 guru di SMPN 4 Sutera mengikuti pelatihan Video Blogging. Pelatihan vlog ini adalah sebagai pembuka dari rangkaian pelatihan peningkatan kompetensi guru, kepala sekolah dan siswa serta peningkatan kerja sama sekolah dan komunitas. Vlog atau video blogging merupakan bentuk kegiatan blogging dengan menggunakan media video di atas penggunaan teks atau audio. Dalam proses pembuatannya, digunakan perangkat berupa ponsel berkamera, kamera digital yang bisa merekam video, atau kamera murah yang dilengkapi mikrofon. Dilansir dari medcom.com, Vlog mulai menunjukkan eksistensi signifikan pada 2004. Popularitasnya kian meningkat pada awal 2005. Khusus di Indonesia, vlog mulai populer dan digandrungi pada 2014. Hal ini tampak dengan peningkatan pesat hingga 600 persen video yang diunggah ke YouTube.

Dalam dunia pendidikan vlog adalah cara terbaik bagi siswa untuk bisa berperan sebagai produsen informasi di era pendidikan 4.0 ini. Di era ini yang diperlukan adalah kreativitas dan rasa percaya diri siswa dalam menyuarakan hal yang positif mengenai diri dan lingkungannya dengan menggunakan teknologi digital. Selama 6 hari peserta mendapatkan pengetahuan dan pemahaman mengenai video blogging, membuat naskah sederhana sampai mampu membuat produk video blogging sederhana sepanjang 3-5 menit. Adapun hal yang diliput siswa adalah hal yang tidak jauh dari keseharian yaitu mengenai makanan khas, tarian tradisional dan tempat wisata yang letaknya tidak jauh dari sekolah.

Pesisir Selatan sebagai kabupaten di Sumatera Barat yang kaya budaya serta berbatasan langsung dengan Samudera Hindia beserta pulau – pulau baik kecil maupun besar di lepas pantainya. Itu sebabnya, provinsi ini menawarkan eloknya panorama, wisata bahari dan kuliner. Siswa dari SMPN 4 Sutera dengan vlog buatannya berusaha menampilkan semua yang menjadi kekuatan kabupaten Pesisir Selatan lewat vlog buatannya. Diharapkan dengan hasil karya mereka yang ditampilkan di halaman akun Youtube milik sekolahnya akan membuat kabupaten Pesisir Selatan semakin dikenal di dunia pariwisata.

Berita Lainnya

Kembangkan Kapasistas 650 Siswa SMAN 1 ..

by: Admin

Bali, 28-30 April 2019 SMAN 1 Kintamani menggelar kegiatan STEM CAMP (Science..

BACA    
Kegiatan Ramadhan yang mengintegrasikan ..

by: Admin

Painan, 17 Mei 2019 – Ada hal yang berbeda pada kegiatan p..

BACA    
Peran Pendidik dalam Kasus Bullying

by: Tara dan Agus Sampurno

Bullying (perilaku mengancam, menindas dan membuat perasaan orang la..

BACA    
KEGIATAN LOKAKARYA GURU KE-1 PROGRAM PE..

by: Anggaripeni Mustikasiwi

Sangatta, 2 Maret 2019 – PT Kaltim Prima Coal melalui Putera Sampoerna Foun..

BACA    

Berinteraksi dengan Kami

Punya Banyak Pertanyaan?