Fathuddin Muchtar

   Pimpinan Proyek

Hampir separuh karir Fathuddin Muchtar dihabiskan dengan bekerja di NGO (Non Government Organization). Selepas kuliah di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta tahun 1999, pria berkaca mata ini bekerja untuk isu hak asasi manusia khususnya advokasi kelompok rentan dan juga aktif di jaringan kerja dan kampanye isyu HAM di Yogyakarta. Mulai tahun 2005, lebih focus pada advokasi hak anak khususnya anak-anak dari kelompok rentan. Pada periode tersebut, dia banyak melakukan pendampingan bagi anak korban kekerasan seksual dan juga anak-anak yang disangka menjadi pelaku tindak pidana. Dia juga sering memberikan pelatihan bagi aparat pemerintah, seperti polisi, jaksa dan hakim agar mereka memiliki pemahaman hak asasi manusia, khususnya hak anak dalam menangani kasus-kasus anak.

Pada tahun 2006 pria yang menyukai warna biru ini jugasering memberikan pelatihan-pelatihan kepada semua pihak seperti  komunitas, orang tua dan guru agar lebih memperhatikan hak-hak anak dalam situasi bencana. Di samping kerja-kerja pelatihan dan pendampingan, dia juga pernah melakukan riset tentang anak-anak yang terlibat dalam pekerjaan terburuk seperti buruh anak, pekerja rumah tangga anak dan prostitusi anak.

Sejak tahun 2011 Fath, demikian panggilan akrabnya, bergabung dengan PSF dan terlibat dalam kegiatan pemberdayaan perempuan di beberapa wilayah terpencil di Indonesia. Dia pernah dipercaya oleh beberapa perusahaan untuk melakukan desain program pemberdayaan masyarakat di sekitar lokasi perusahaan yang menjadi mitra PSF. Pada tahun 2015 bergabung dengan PSF - SDO sebagai Project Leader dengan tanggung jawab Program Pengembangan Pusat Belajar Guru (PBG) di beberapa wilayah di Indonesia. 

Pria yang pernah mengenyam kuliah di Universitas Atmajaya Yogyakarta ini juga memiliki keterampilan dalam melakukan assessment, monitoring dan evaluasi program pemberdayaan masyarakat/komunitas dan juga yang berkaitan dengan project management.

.

Pendidikan

S1 Bahasa dan Sastra Arab, IAIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta


Pengalaman Kerja

Pimpinan Proyek, Putera Sampoerna Foundation (2015-2018)

Pengembang Program, Putera Sampoerna Foundation (2011-2015)

Koordinator Program Respon Situasi Darurat – Merapi Yogyakarta, Yayasan Sekretariat Anak Merdeka Indonesia (2005-2011)

Pelatihan & Sertifikasi

Training ISO 26000 – Understanding and Implementing Corporate Social Responsibility | BMD Street Consulting | 2015

Training on Planning, Monitoring and Program Evaluation | Circle Indonesia | 2013

Fasilitator Lainnya

Gina Augustina Gustan

Meskipun kuliah yang dijalaninya..

LIHAT PROFIL    
Bambang Irianto

Praktisi dan birokrat pendidikan..

LIHAT PROFIL    
Stien Johanna Matakupan

Peribahasa “buah jatuh tidak j..

LIHAT PROFIL    
Rizqi Khoirunnisa

Dunia pendidikan adalah dunia se..

LIHAT PROFIL    
Yudo Hato Balibo Timtim

Keberhasilan proses belajar meng..

LIHAT PROFIL    

Berinteraksi dengan Kami

Punya Banyak Pertanyaan?