Berburu Ilmu di Negeri Kangguru  Rizqi Khoirunnisa


Pepatah yang mengatakan ‘Tuntutlah ilmu hingga ke Negeri Cina’ menggambarkan semangat 4 guru dan 8 siswa dari SMPN 1 Babat Toman dan SMPN 1 Sungai Lilin, Musi Banyuasin, Sumatera Selatan. Mereka terpilih sebagai perwakilan dari sekolah masing-masing untuk mengikuti kegiatan Kunjungan Sekolah ke Margaret River Senior High School di Western Australia. Kegiatan ini adalah bagian dari Program Sekolah Lighthouse yang sudah berjalan di SMPN 1 Babat Toman dan SMPN 1 Sungai Lilin selama setahun terakhir. Kegiatan ini merupakan lanjutan dari Konferensi Internasional Kepala Sekolah yang dilakukan pada bulan Maret 2018 dengan mengundang Andrew Host, Kepala Sekolah dan Angela McCoy, International School Program Coordinator  Margaret River Senior High School (MRSHS) Perth.

Dalam kegiatan Kunjungan Sekolah ini, 8 siswa mengikuti kegiatan sehari-hari siswa di Margaret River Senior High School (MRSHS) sejak pagi hingga sore hari. Mereka dipasangkan dengan siswa MRSHS dan belajar di kelas, bergaul dengan sesama siswa serta mengikuti kegiatan ekstrakurikuler sekolah. Sedangkan 4 guru yang berkunjung mengikuti sesi yang sudah dipersiapkan antara lain diskusi dengan tim manajemen sekolah serta observasi kegiatan belajar mengajar di MRSHS. Salah satu siswa, Nabila, mengatakan bahwa dia belajar untuk aktif bertanya selama sesi belajar di kelas serta bersikap dalam mengemukakan pendapat.

“Kunjungan studi SMPN 1 Sungai Lilin dan SMPN 1 Babat Toman ke Margaret River Senior High School, Perth ini merupakan kesempatan emas untuk mempelajari bagaimana siswa disini belajar baik di dalam ataupun di luar kelas. Bukan hanya siswa, para guru juga diberikan kesempatan untuk mendalami penerapan belajar aktif dan sistem pengelolaan sekolah publik mandiri di Australia. Dengan berbekal pengetahuan tersebur diharapkan para guru dan siswa dapat kembali ke sekolah masing masing dan membagikan serta menerapkan ilmu yang telah didapatkan,” ujar Gusman Yahya, Direktur PSF-SDO.

 

Program Sekolah Lighthouse (LSP) adalah inisiasi dari Bupati Musi Banyuasin, Dodi Reza Alex, yang bekerjasama dengan Putra Sampoerna Foundation-School Development Outreach, untuk mengembangkan sekolah model yang akan mencetak generasi muda yang mampu berkompetisi secara global. Program ini berfokus pada peningkatan kapasitas tim manajemen sekolah dalam mengelola sekolah, guru pengajar dalam mengelola kelas dan proses belajar, serta siswa dalam mengikuti proses belajar yang aktif dan menyenangkan. Diharapkan dengan kegiatan Kunjungan Sekolah ke Margaret River Senior High School yang berlangsung mulai tgl 14-20 Oktober ini, baik siswa dan guru mendapatkan pengalaman berharga dan bermakna yang bisa ditularkan dan diwujudkan dalam pengembangan program sekolah masing-masing.

 

Bupati Musi Banyuasin, Dodi Reza Noerdin menyampaikan “Kegiatan belajar para siswa dan guru SMPN 1 Babat dan SMPN 1 Sungai Lilin di Margaret River merupakan salah satu bukti bahwa Musi Banyuasin memiliki komitmen kuat untuk meningkatkan kualitas pendidikan bertaraf internasional. Pengalaman belajar ini diharapkan dapat dibagikan dan diimplementasikan di sekolah masing-masing. Ke depannya, diharapkan akan semakin banyak siswa dan guru terpilih yang dapat mengikuti program serupa.”

Berita Lainnya

Kaltara Meningkatkan Kapasitas Guru mela..

by: Lia Laelatul Mahmudah

Dalam rangka memperkuat kapasitas dan profesionalitas guru di Kalimantan Utar..

BACA    
2 SD Negeri di Muba Kunjungi Cempaka Int..

by: Muslich Nurudin

27 Oktober – 3 November 2018, 2 (dua) Sekolah Dasar Negeri di Kabupaten Mus..

BACA    
Peringatan Sumpah Pemuda dan Last Day of..

by: Yudo Balibo Timtim

Ada yang berbeda tahun ini dalam memperingati hari Sumpah Pemuda di SMAN 1 Me..

BACA    
Pelaksanaan Kegiatan Konferensi Tiga Ara..

by: Agus Sampurno

Konferensi Tiga Arah (KTA) adalah kegiatan dimana siswa mengkomunikasikan kem..

BACA    

Informasi Lebih Lanjut

Punya Banyak Pertanyaan?