Lighthouse School Program


Tantangan Pendidikan di Indonesia

Pendidikan menjadi fondasi terpenting dalam pembentukan kualitas sumber daya manusia. Indonesia menduduki peringkat 36 dari 137 negara berdasarkan Global Competitiveness Index 2017-2018 (World Economic Forum,2017). Angka ini menunjukkan bahwa Indonesia masih perlu terus berpacu untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Menurut riset yang dilakukan oleh Mc Kinsey Global Institute, tuntutan akan tenaga kerja yang berpendidikan dan terampil akan semakin tinggi pada tahun 2030. Oleh karena itu, peningkatan kualitas lulusan menjadi bagian yang sangat penting dalam perkembangan negara Indonesia (Mc Kinsey Global Institute, 2010).

Peningkatan kualitas lulusan tentunya tidak terlepas dari peningkatan kompetensi guru. Walaupun jumlah sekolah di Indonesia mengalami peningkatan yang cukup drastis pada tahun 2009 – 2017, namun kuantitas tersebut tidak sejalan dengan kualitas pendidikan yang diharapkan. Dengan jumlah guru sebanyak 3 juta orang dan jumlah sekolah sebanyak 211.646, pemerintah tentunya membutuhkan bantuan untuk memperbaiki kualitas pendidikan di Indonesia. PSF-SDO, bersama dengan pemerintah dan pihak swasta, bahu membahu dalam memperbaiki kualitas pendidikan di Indonesia melalui sebuah initiatif yang dinamakan “Lighthouse School Program”



Apa Itu Lighthouse School Program ?

Lighthouse School Program (LSP), merupakan suatu program intervensi terhadap suatu sekolah agar dalam kurun waktu 3 tahun sekolah mencapai dan atau melampaui standar pendidikan berkualitas yang dikemas dalam standar Lighthouse School Program. Sesuai dengan nama program, ‘lighthouse’ atau mercusuar, diharapkan pada akhir program, sekolah tersebut dapat menjadi ‘penerang’ bagi sekolah sekitar. Sekolah penyelenggara LSP, akan dibina oleh SDO melalui penerapan pendekatan secara holistik, intervensi intensif menitikberatkan pada pengembangan pembelajaran yang visioner, pengembangan profesionalitas guru, pengembangan manajemen sekolah, pengembangan kapasitas peserta didik, dan pemberdayaan komunitas sekolah. Perhatian khusus juga diberikan pada pengembangan kemapuan STEM (Science, Technology, Engineering, & Mathematics) serta Bahasa Inggris untuk menjawab tuntutan masa depan. Sekolah binaan yang telah mencapai standar lighthouse school dipastikan telah melampaui standar nasional pendidikan (SNP). Pengembangan Lighthouse School tidak terlepas dari komitmen seluruh pemangku kepentingan diantaranya Kepala Sekolah beserta para guru, Dinas Pendidikan, dan kontributor atau donor, agar sekolah binaan berhasil mencapai standar yang ditetapkan.

Pendekatan Strategis

Visi & Pengalaman Belajar


Penyusunan desain program peningkatan kualitas sekolah sesuai dengan hasil analisa kebutuhan. Studi analisa kebutuhan mengacu pada standar Lighthouse School.

Pengembangan Profesional Guru


Peningkatan keterampilan guru terhadap pendekatan pembelajaran efektif, melalui penerapan praktik terbaik, yang dilakukan dalam bentuk pelatihan & pendampingan serta pemberdayaan guru dalam mendiseminasikan ketrampilan mereka kepada guru sekitar.

Peningkatan Kualitas Manajemen Sekolah


Peningkatan kapasitas pemimpin sekolah dalam menyelenggarakan sekolah yang mandiri dan akuntabel melalui pelatihan, konsultasi dan pendampingan.

Peningkatan Kapasitas Siswa


Peningkatan kualitas lulusan melalui pembentukan keterampilan pembelajaran efektif dan pengalaman pembelajaran International.

Pemberdayaan Komunitas Sekolah


Keterlibatan orang tua dan kerjasama antara sekolah dan komunitas untuk mendukung pengembangan sekolah.

Manfaat Kerjasama

Dalam mendirikan Lighthouse School, peran dan dukungan antara korporasi, pemerintah pusat, dan komunitas sekolah.

Perusahaan/ Korporasi (Donor)/ Kontributor


  1. Investasi jangka panjang dalam menciptakan SDM berkualitas bagi perusahaan
  2. Peningkatan kepedulian masyarakat terhadap perusahaan/ korporasi
  3. Sebagai showcase program CSR

Pemerintah Daerah (Regulator) / Pemilik Sekolah


  1. Peningkatan kualitas pendidikan
  2. Peningkatan kualitas lulusan
  3. Pemberdayaan komunitas pendidik melalui sharing pengetahuan dan pengalaman

Kepala Sekolah & Guru


  1. Kepala sekolah & guru sebagai pembelajar sepanjang hayat yang berkomitmen dalam memberikan kualitas pendidikan
  2. Peningkatan kualitas lulusan
  3. Peningkatan kepedulian dan keterlibatan orang tua

Berinteraksi dengan Kami

Punya Banyak Pertanyaan?