Tentang Kami


Pesan Dari Manajemen

Mitra dan Teman yang terhormat,

Mengatasi masalah pendidikan di Indonesia merupakan hal yang selalu menjadi tantangan. Kami percaya bahwa idealnya tanggung jawab tersebut tidak seharusnya hanya dipikul oleh pemerintah. Pendidikan berkualitas hanya dapat dicapai melalui kerjasama erat antara pemerintah, sektor swasta, orang tua dan masyarakat setempat. Dengan alasan tersebut, melalui kemitraan pemerintah dan swasta, kami secara aktif mengundang pihak-pihak yang peduli untuk terlibat dalam upaya luhur ini. Hanya dengan kolaborasi tersebut kita dapat memecahkan masalah utama dan menciptakan dampak pendidikan yang lebih luas di Indonesia.
 

Saat ini, kami memfokuskan upaya kami melalui inisiatif unggulan kami yang diberi nama Lighthouse School Program (LSP). Peningkatan sekolah yang kami lakukan bertujuan untuk mengembangkan sekolah-sekolah memenuhi atau melampaui Standar Nasional Pendidikan Indonesia dan menjadi sekolah contoh, yang kami percaya dapat membawa dampak terhadap kualitas sekolah di sekitar wilayah mereka. Dalam upaya kami untuk meningkatkan profesionalisme guru dan akses ke pengembangan profesional, kami memulai program yang dapat memberikan komunitas belajar berkelanjutan bagi para guru dan manajemen sekolah. Hal ini dilakukan melalui pembentukan Teacher Learning Centre (TLC). TLC bertujuan untuk membangun sistem pengembangan profesional dan membangun jaringan guru, yang menghasilkan guru kompeten yang akan mempengaruhi pencapaian siswa dan kualitas lulusan sekolah. TLC memungkinkan para guru untuk memiliki pengembangan profesional berkualitas dan sumber daya pembelajaran berkualitas yang dapat diakses.

Sebagai bagian dari komitmen kami untuk memperkaya dan memperkuat program kami, PSF SDO secara aktif terlibat dengan mitra dan akademisi pendidikan terkemuka, untuk membantu membawa praktik terbaik pendidikan langsung dari seluruh dunia. Didukung oleh Sampoerna Schools System, kami memformulasikan pendekatan pembelajaran yang memungkinkan perpaduan teori dan praktik untuk membekali guru dengan pengalaman belajar yang menarik dan hidup yang pada akhirnya akan meningkatkan kinerja sekolah dan guru.

Atas nama PSF-SDO, kami ingin mengambil kesempatan ini untuk mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada mitra dan jaringan kami atas dukungan berkelanjutan yang mereka berikan terhadap upaya kami meningkatkan pendidikan Indonesia. Bersama dengan mitra kami, kami berkomitmen untuk menciptakan nilai berkelanjutan bagi semua pemangku kepentingan, terus berinovasi untuk memberikan solusi pendidikan terbaik bagi masyarakat kita, terutama dalam upaya meningkatkan kualitas sekolah dan pendidik di Indonesia.

Kami sangat senang mengetahui bahwa ada banyak anggota masyarakat yang peduli terhadap masalah dan tantangan pendidikan di Indonesia. Dengan semangat yang sama, kami secara aktif mengundang mitra potensial untuk bergabung dengan upaya kami dalam mengembangkan pendidikan berkualitas di Indonesia. Melalui situs web ini, dengan senang hati saya mengundang anda untuk menjelajahi cerita kami, mempelajari lebih lanjut tentang strategi kami, dan bagaimana anda dapat secara aktif mendukung upaya peningkatan pendidikan melalui inisiatif berkelanjutan kami.

Hormat saya,

Gusman Yahya

Pimpinan PSF-SDO

Visi Kami

Ini Tujuan Jangka Panjang Kami

Berada di garis terdepan dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia dengan membawa praktik terbaik dan pengalaman untuk menghasilkan sumber daya manusia yang berdaya saing global.

Misi Kami

Langkah Untuk Mencapai Visi

  • Meningkatkan kualitas sekolah menjadi garda depan pendidikan dan mengembangkan siswa berpengetahuan luas yang mampu bersaing secara global dengan memberikan pengalaman pendidikan yang komprehensif

  • Meningkatkan kualitas pendidik dalam pengajaran dan pembelajaran siswa untuk menciptakan perubahan yang berdampak untuk mengatasi beragam tantangan di bidang pendidikan

Sejarah Kami

Picture

Program Pemulihan Pendidikan (ERP)

Pada akhir 2004, dengan dampak tsunami Aceh pada sistem pendidikan, PSF menyebarkan proyek bantuan kemanusiaan di bawah Program Pemulihan Pendidikan (ERP), yang bertujuan untuk membangun kembali kehidupan para guru dan siswa, dan untuk memulihkan sektor pendidikan dalam bencana daerah yang dilanda

2004
Picture

School Quality Improvement Program (SQIP)

Melalui program ini, Sampoerna Foundation bekerja bergandengan tangan dengan pemerintah daerah di Indonesia untuk membentuk sebuah model untuk sekolah menengah yang berkualitas. Program ini melibatkan penyediaan untuk pengembangan Kepala Sekolah, Guru, Siswa dan kompetensi Orang Tua dan menggabungkan ini dengan pengembangan kurikulum dan sumber daya sekolah.

2005
Picture

Sampoerna Foundation Teacher Institute (SFTI)

The Sampoerna Foundation Teacher Institute (SFTI) mengembangkan program berdasarkan pada pemikiran pendidikan yang aktual dan relevan yang dikontekstualisasikan kepada guru-guru up-skill untuk memberikan kesempatan belajar berkualitas tinggi bagi pemuda Indonesia.

Program Pengembangan Kepemimpinan, Mengadopsi seorang Guru untuk Pengembangan Profesional, dan Program Pendidikan Guru telah mengarah pada peningkatan yang berkelanjutan dari proses belajar mengajar di sekolah.

2006
Picture

United Schools Program (USP)

USP didirikan untuk mengembangkan kualitas sekolah menengah kedua di Indonesia. Program ini memerlukan bantuan untuk kepemimpinan kepala sekolah dan pengembangan keterampilan manajemen, pengembangan guru, pengembangan siswa, pengayaan kurikulum, dan pengembangan fasilitas sekolah.

Program unggulan USP, Principal Mentoring, menciptakan forum bagi para pelaku untuk berbagi ide, membentuk kelompok-kelompok pendukung, dan mendorong pertumbuhan dan persaingan yang sehat di antara sekolah-sekolah USP. Ini pada akhirnya akan mendorong keberlanjutan komunikasi antar sekolah bahkan setelah selesainya program USP di sekolah-sekolah.

2007
Picture

Putera Sampoerna School of Education Outreach

Ada 2 program:

  1. Program Pengembangan Profesional
  2. Program Pengembangan Sekolah

2009
Picture

Putera Sampoerna Foundation School Development Outreach

Ada 3 program:

  1. Program Pengembangan Profesional
  2. Program Pengembangan Sekolah
  3. Program Pemulihan Pendidikan

Mewujudkan esensi keinginan Putera Sampoerna Foundation untuk memastikan keberlanjutan upaya pendidikannya, PSF School Development Outreach berusaha untuk meningkatkan kinerja sekolah dan pendidik sehingga memungkinkan mereka berfungsi lebih profesional dan efektif dalam menghasilkan lulusan; dengan keterampilan, pengetahuan, dan karakter kuat yang dibutuhkan untuk pembangunan bangsa.

2011
Picture

2017 - Sekarang

Ada 3 program:

  1. Program Sekolah Mercusuar
  2. Pusat Pembelajaran Guru
  3. Pengembangan Profesional Cambridge International

2017

Fasilitator Kami

Gina Augustina Gustan

Meskipun kuliah yang dijalaninya..

VIEW PROFILE    
Fathuddin Muchtar

Hampir separuh karir Fathud..

VIEW PROFILE    
Bambang Irianto

Praktisi dan birokrat pendidikan..

VIEW PROFILE    
Stien Johanna Matakupan

Peribahasa “buah jatuh tidak j..

VIEW PROFILE    
Rizqi Khoirunnisa

Dunia pendidikan adalah dunia se..

VIEW PROFILE    

Berinteraksi dengan Kami

Punya Banyak Pertanyaan?